Author
: Prof. Dr. Masykuri Abdillah
ISBN/EAN
: 9786020312033
Publisher
: Gramedia Pustaka Utama (GPU)
Weight
: 300gr
Language
: Bahasa Indonesia
Pages
: 268
Height
: 230mm
Cover
: Soft Cover
Width
: 150mm
First Published
: 2015-01-15
EAN/ISBN
: 9786020312033

Sinopsis:
Islam diturunkan membawa misi sebagai rahmat bagi umat manusia (rahmah li al-âlamîn). Agama ini mengajarkan nilai-nilai yang bersifat universal, terutama akidah dan nilai-nilai dasar akhlak (etika-moral). Memang, sebagian ajaran Islam dalam bidang hukum (syariah) bersifat partikular. Namun, para ulama telah menetapkan filosofi dan etika hukum dalam bentuk maqâshid al-syarî’ah (tujuan syariah). 
Pengungkapan misi Islam, nilai-nilai dasar akhlak, dan maqâshid alsyarî’ah tersebut sangat penting, terutama dalam konteks akomodasi terhadap budaya lokal dan sistem nasional, serta respons terhadap peradaban modern atau ide-ide global yang sebenarnya diakomodasi hampir semua negara di dunia, seperti hak-hak asasi manusia, demokrasi, dan pluralisme. Dalam konteks Indonesia yang berideologi Pancasila dan dalam waktu bersamaan terjadi proses modernisasi, demokratisasi, sekularisasi, dan desekularisasi, Islam bisa melakukan peran integratif dan sekaligus korektif terhadap negara untuk memperkuat sistem demokrasi yang tetap menjunjung tinggi agama dan kemanusiaan. 
 Buku ini pantas dimiliki siapa saja, baik mahasiswa, akademisi, politisi, pejabat maupun tokoh masyarakat, karena memberikan banyak informasi tentang wawasan kebangsaan dan keagamaan dalam konteks pembangunan sistem demokrasi yang beradab, yang ditandai dengan terwujudnya pemerintahan yang adil, bersih dan akuntabel, serta masyarakat yang religius, jujur, damai, toleran dan menghargai kemajemukan.

Sumber bacaan : http://www.amazon.com

0 Post a Comment:

Posting Komentar

Label

Selayang MA Darussa'adah

Selayang MA Darussa'adah

Total Tayangan Halaman

Popular Posts

Blog Archive