Kendal, NU Online
Pelajar Madrasah Aliyah Nahdlatul Ulama 09 Darussa'adah Kecamatan Rowosari Kabupaten Kendal mengunjungi makam Protomulyo Kaliwungu, Kendal, Sabtu (2/3). Mereka membaca tahlil dan bertawassul kepada Rasulullah, sahabat, tabi’in dan ulama di kompleks pemakaman para pejuang Islam di tanah Bahureksa pada masa kerajaan Mataram Islam ini.

Di pemakaman berupa perbukitan yang memanjang dari utara ke selatan dengan ketinggian 60 di atas permukaan air laut, mereka berdoa agar hajat mereka diterima Allah.

Di perbukitan ini banyak jenazah orang saleh dikebumikan seperti Sunan Katong, Paku Waja, Kiai Guru Asy'ari, pangeran Mandurorejo, Pangeran Djoeminah, juga para pendahulu bupati di Kendal.

Selain mendo'akan para wali, mereka berdo'a kepada Allah swt agar segala urusan dimudahkan, hajat baik dikabulkan, termasuk kemudahan saat mengerjakan tiap butir soal UN. Meski UN bukan penentu kelulusan, peserta didik tetap begitu antusias mengikuti ziarah ini.

"Selain mendo'akan para wali, juga mengenalkan sejarah masuknya Islam di Nusantara terutama daerah pesisir pantura melalui prasasti yang masih tertinggal," terang seorang guru di sela-sela kegiatan ziarah berlangsung.

Rutinitas ziarah ini juga dimaksudkan sebagai pembiasaan untuk berziarah bagi peserta didik baik saat ia masih belajar di bangku sekolah atau setelah lulus kelak. (Sis Maula/Alhafiz K)

Sumber : http://www.nu.or.id 
Konstributor : Sis Maula

1 komentar:

Label

Selayang MA Darussa'adah

Selayang MA Darussa'adah

Total Tayangan Halaman

Popular Posts

Blog Archive